New Post

recent

Pendekatan Dasar Analisa Teknikal

 Analisa Teknikal adalah salah satu metoda analisa yang biasa digunakan untuk memprediksi pergerakan harga saham suatu emiten. Sudahkan anda mengetahui ada 3 pendekatan dasar yang digunakan dalam analisa teknikal ?

3 Pendekatan dasar analisa teknikal tersebut adalah sebagai berikut :

1. Market action discounts everything

2. Price move in trends

3. History repeats itself



Market Action Discounts Everything

Teknikalis atau sering disebut dengan chartist (sebutan untuk pengguna metode analisa teknikal) percaya bahwa market action atau price action mencerminkan pergeseran supply dan demand. Sebagaimana seperti yang sudah kita sama-sama ketahui bahwa pergerakan harga merupakan pertarungan antara supply dan demand.

Jika demand lebih besar dari pada supply maka harga akan bergerak naik, sebaliknya jika supply lebih besar dari pada demand maka harga akan bergerak turun. Pergeseran supply dan demand ini tergambar jelas pada price action. Jika anda memperhatikan bentuk candle pada chart perdagangan suatu emiten, maka anda sudah dapat melihat cerminan pergeseran supply dan demand tersebut.

Price Move in trends

Dasar pendekatan kedua adalah para analis teknikal percaya bahwa harga bergerak dalam suatu trend. Ada 3 macam trend yang terjadi pada pergerakan harga :

1. Uptrend / Naik

2. Sideway / Datar

3. Downtrend / Turun

Harga dikatakan bergerak secara uptrend jika harga bergerak dari bawah ke atas atau bergerak naik. Harga dikatakan bergerak sideway jika harga bergerak pada range harga tertentu secara berulang atau bergerak datar. Sedangkan harga dikatakan bergerak downtrnd jika harga bergerak dari atas ke bawah atau bergerak turun.

History Repeats Itself

Adapun pendekatan dasar analisa teknikal yang ketiga adalah "Sejarah akan terulang". Maksudnya disini adalah para analis teknikal percaya bahwa "nothing new under the sun" atau "tidak ada hal yang baru di market". Seluruh kegiatan yang dilakukan oleh manusia pasti memiliki memori dan pasti dipengaruhi oleh faktor psikologis. Kecenderungan pergerakan harga akan membentuk pola-pola serupa yang akan terulang dikemudian hari. dari kecenderungan pembentukan pola ini, para analis teknikal bisa memperkirakan pergerakan harga di masa depan.

Sekian dulu pembahasan kita kali ini. Sekarang anda telah mengetahui 3 pendekatan dasar yang digunakan dalam analisa teknikal. Semoga dengan tuisan ini djoernalis bisa memberikan panduan dasar untuk anda dalam lebih memahami analisa teknikal. Jangan lupa untuk terus mengunjungi blog ini karena djoernalist akan terus menulis hal-hal penting dan menarik seputar perdagangan saham, analisa dan referensi khusus untuk anda. Ya khusus untuk anda yang ingin memulai berinvestasi di pasar saham Indonesia.

Jangan lupa juga untuk follow akun instagram @djoernalsaham karena disana djoernalist juga akan memberikan content-content menarik yang pasti anda buthkan.


Terimkasih

Pendekatan Dasar Analisa Teknikal Reviewed by Djoernalist on 1:42 PM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Djoernal Saham © 2020 - 2025
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.