New Post

recent

Download Gratis File Jurnal Trading Saham

Untuk memenuhi permintaan pengunjung setia blog Djoernal Saham dan akun IG @djoernalsaham maka pada posting kali ini djoernalist akan memberikan kepada kalian file microsoft excel yang di dalamnya berisikan 6 spread sheet yang berisikan tentang:
  1. Dashboard
  2. Goal
  3. Performance
  4. Transaction
  5. Journal
  6. Trading Plan dan Money Management



Bagi kalian yang berminat untuk mendapatkan file gratis jurnal saham ini, kalian bisa download secara gratis pada link yang telah djoernalist sediakan dibawah ini. Selanjutnya djoernalist akan menjelaskan dan memberikan contoh cara pengisisan jurnal saham ini agar membantu kamu dalam memonitor dan memaksimalkan profit dari portofolio saham kamu.




Cara Download Gratis File Jurnal Saham

Silahkan klik button Download Gratis diatas dan kamu akan dialihkan ke laman file microsoft excel, Setelah itu masukan password untuk membuka file pada kolom seperti pada tampilan gambar dibawah ini

Untuk mendapatkan password kamu bisa DM ke akun IG @DjoernalSaham Tuliskan pesan untuk request password file Jurnal Saham. Setelah mendapatkan balasan dari djoernalis, silahkan isikan password pada kolom "Enter Password" dan klik Submit untuk membuka file.
Setelah file terbuka, kamu akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini.




Kemudian klik tab File pada bagian kiri atas halaman tersebut, klik tab Save as dan lanjutkan dengan klik Download a Copy maka file akan ter-download dan kamu sudah bisa menggunakan file tersebut.




Jika terdapat kendala ketika kamu melakukan download, silahkan hubungi djoernalis dan sampaikan kendala kamu melalui kolom komentar pada blog ini atau juga bisa melalui DM ke akun Instagram @DjoernalSaham



Mengisi sheet Goal




Pada sheet GOAL ini kamu bisa menentukan target yang ingin kamu capai dalam kurun waktu beberapa tahun kedepan. Sheet ini terdiri dari sebuah tabel yang memiliki 7 buah kolom seperti pada tampilan diatas. Pada kolom target kamu bisa isi dengan nilai yang ingin kamu capai dalam 1 tahun. Pada contoh djoernalis menggunakan nilai 30% dari jumlah Equity, kamu bisa merubahnya dengan target mu sendiri.
Kemudian pada kolom Realization kamu bisa isikan realisasi pencapaian mu pada setiap tahunnya. Dimana nilai realisasi capaian mu akan menjadi nilai Equity pada tahun selanjutnya (jika kamu tidak melakukan withdraw dana).
Kemudian selanjutnya juga tersedia kolom profit dalam satuan IDR (rupiah) maupun dalam satuan % (persen) dan yang terakhir adalah kolom Result (Hasil) dalam satuan % (persen) yang merupakan capaian target tahunan mu. Usahakan agar nilai pada kolom result ini selalu diatas 100%, itu berarti kamu telah mampu mencapai target tahunan yang telah kamu tetapkan.

Mengisi sheet Transaction

Sheet Transaction  merupakan rincian seluruh transaksi yang telah kamu lakukan seperti Top up Dana RDN, transaksi Beli, transaksi jual dan juga ketika kamu melakukan penarikan dana (withdraw). Adapun kolom yang perlu kamu isi adalah kolom Date (tanggal), Account (akun), Categories (kategori), Action, Jumlah lot, price unit, fee beli dan fee jual sesuai sekuritas yang kamu gunakan.


Pada kolom Account disediakan untuk kamu yang memiliki lebih dari 1 (satu) akun sekuritas, jadi kamu tinggal mengisinya dengan nama sekuritas yang kamu gunakan dalam bertransaksi. Kolom Categories disediakan agar kamu bukan hanya bisa menuliskan jurnal mengenai trading atau investasi saham saja. Kamu bisa mengisinya dengan kategori seperti Stock (saham), reksadana Saham, reksa dana pendapatan tetap, reksadana pasar uang dan instrumen investasi lainnya. 

Mengisi sheet Journal

Sheet Journal berfungsi untuk kalkulasi floating profit, floating loss, realized profit, realized loss, jumlah dana yang sudah kamu investasikan, jumlah dana yang telah kamu tarik, nilai capital portofolio mu, pertumbuhan portofolio mu, jumlah hari yang kamu gunakan dalam setiap open posisi buy sampai melakukan aksi sell, jumlah trade yang kamu menangkan (win) dan juga jumlah trade dimana kamu mengalami kekalahan (loss).


Input data pada sheet ini bisa kamu ambil dari sheet transaction seperti input data pada kolom BUY (IDR) dan SELL (IDR). Sedangkan output atau hasil kalkulasi pada sheet ini akan ditampilkan juga pada sheet Dashboard sebagai alat monitoring utama kamu dalam mengelola portofolio trading / investasi saham mu.

Mengisi sheet Performance

Sheet Performance berisikan perbandingan antara kinerja portofolio yang kamu kelola dengan index yang kamu jadikan benchmark, pada contoh pengisian djoernalist menggunakan IHSG sebagai benchmark. Kamu dapat menggantinya dengan index-index yang lain sesuai keinginan mu.

Output dari data pada sheet ini adalah berupa grafik perbandingan antara kinerja kamu dengan index yang kamu jadikan sebagai benchmark. Grafik performance tersebut akan ditampilkan pada sheet Dashboard.

Monitoring Perfoma keseluruhan kamu melalui sheet Dashboard

Sheet terakhir dan menjadi sheet yang paling penting adalah Dashboard. Sheet Dashboard ini merupakan ruang kendali mu dimana seluruh parameter portofolio yang kamu kelola akan disajikan dalam beberapa bentuk grafik yang sangat informatif beserta ratio-ratio penting yang harus kamu jaga nilai nya agar trading / investasi mu berjalan sesuai target dan rencana yang telah kamu susun.




Nah, bagaimana ? Mudah bukan ? Dengan membuat jurnal seperti ini kamu jadi bisa memonitoring performa mu dan menyusun strategi agar profit mu jadi lebih maksimal. Semoga bermanfaat.

Note:
Pada file ini juga terdapat sheet Trading Plan & MM, dimana pada sheet tersebut terdapat kalkulator yang dapat membantu kamu dalam menyusun trading plan dan aplikasi money management dalam setiap trade yang akan kamu lakukan. Untuk cara input dan penggunaannya akan djoernalist bahas pada posting terpisah.
Download Gratis File Jurnal Trading Saham Reviewed by Djoernalist on 11:12 PM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Djoernal Saham © 2020 - 2025
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.