New Post

recent

Cara Memulai Trading / Investasi Saham

 Sebelumnya djoernal saham telah menyampaikan alasan Kenapa Harus Memilih Investasi Saham. Bagaimana ? Setelah anda mengetahui beberapa alasan tersebut apakah saat ini anda telah tertarik untuk memulai investasi di Pasar Saham Indonesia ? Saya yakin jawabannya adalah "iya". Jika anda membaca postingan ini sudah dapat dipastikan bahwa anda tertarik untuk memulai berinvestasi. Namun apakah anda sudah mengetahui cara untuk memulainya ? Baiklah kali ini kita akan memberitahu Cara Memulai Investasi / Trading saham di Pasar Saham Indonesia.


Adapun tahapan secara umum yang telah berhasil djoernal saham rangkum dalam memulai investasi / trading di pasar modal adalah sebagai berikut :

1. NIAT

Pikirkan terlebih dahulu niat anda untuk memulai investasi ini untuk apa ? Apakah anda akan berinvestasi jangka panjang (long term) ? Apakah anda akan melakukan trading untuk memaksimalkan keuntungan dipasar saham ? Ini adalah pertanyaan pertama yang harus anda jawab dan anda pertegas sejak awal sebelum memulai berinvestasi. Tujuan anda harus jelas agar anda dapat memiliki target sehingga anda akan lebih mudah untuk melanjutkan pada langkah selanjutnya.

2. BELAJAR

Setelah anda mantapkan niat anda dan anda telah meiliki target yang akan anda capai, langkah selanjutnya adalah belajar. Adabaiknya sebelum anda menginvestasikan uang anda di pasar saham anda memulai untuk menginvestasikan uang anda untuk ilmu. Ada banyak cara untuk menambah ilmu anda di dunia pasar saham, antara lain dengan membaca buku, mengikuti seminar, workshop dan kelas-kelas mengenai trading, dll. Pada langkah awal tadi, jika niat anda sudah jelas untuk apa anda berinvestasi maka anda akan sangat mudah memulai tahapan belajar ini karena anda sudah mengetahui hal apa yang harus anda pelajari. jika anda ingin berinvestasi jangka panjang, maka anda harus mendalami analisa fundamental. Jika anda ingin memaksimalkan keuntungan dipasar saham dengan time frame yang lebih singkat, anda bisa menperdalam ilu analisa teknikal.

Sampai sini pasti anda bertanya, fundamental ? teknikal ? Bandarmology ?

Tenang saja dan jangan bingung, pada postingan berikutnya kami akan sajikan kepada anda materi mengenai fundamental dan teknikal dengan lebih detail lagi.

3. BUAT AKUN RDN

Rekening Dana Nasabah (RDN) inilah yang nantinya akan anda gunakan dalam bertransaksi di pasar saham. Saat ini ada banyak sekali pilihan Sekuritas yang dapat anda gunakan. Beberapa diantaranya adalah Mandiri Sekuritas, Sinarmas Sekuritas, Indopremier Sekuritas dan banyak lagi contoh lainnya. Nanti akan kita bahas lebih detail mengenai hal ini. Setelah rekening anda selesai, anda harus menyetor kan sejumlah uang sebagai modal awal anda berinvestasi saham.

4. EKSEKUSI

Setelah anda memiliki niat yang jelas, anda telah belajar dan menguasai salah satu dari sekian banyak teknik analisa dan anda telah membuat akun disalah satu sekuritas maka tibalah saatnya anda untuk "EKSEKUSI". Dalam tahapan eksekusi ini ada beberapa hal yang harus anda lakukan dan kuasai juga. Diantaranya adalah anda dapat memulai menganalisa untuk menemukan calon emiten yang akan anda perdagangkan (BUY). Kemudian anda harus memiliki trading plan, money management dan market phsycology yag baik untuk menghadapi kerasnya dunia pasar saham.

Pada posting selanjutnya djoernalist akan mencoba memberikan beberapa tips untuk menyusun trading plan, tips money management dan tips bagaimana membentuk market phsycology yang kuat.


5. FINANCIAL FREEDOM

Jika anda telah menjalankan beberapa langkah sebelumnya, tibalah saatnya anda menggapai tujuan akhir anda dengan berinvestasi di pasar saham Indonesia. Financial Freedom. Ini adalah yang anda capai jika anda dapat menjalankan setiap langkah yang sudah kami sebutkan sebelumnya dengan baik. Sangat menarik bukan ?

Demikian postingan kami kali ini, janngan lupa untuk follow akun instagram kami agar anda tidak ketinggalan informasi penting dan menarik lainnya mengenai investasi dan trading di pasar saham Indonesia. Semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat bagi anda semua, silahkan tuliskan komentar anda pada kolom yang telah disediakan jika ada hal yang anda sampaikan.


Cara Memulai Trading / Investasi Saham Reviewed by Djoernalist on 4:43 PM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Djoernal Saham © 2020 - 2025
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.