New Post

recent

Kenapa Pilih Investasi Saham ?

Pastinya kalian sudah sering mendengar tentang IHSG.
Namun apakah kalian sudah paham dan mengerti apa yang dimaksud dengan IHSG ?
Baiklah, kali ini kita akan membahas sedikit mengenai IHSG. IHSG merupakan adalah akronim dari Indeks Harga Saham Gabungan yang memiliki makna acuan pergerakan seluruhan saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Jadi kalau kalian mendengar melalui berita dan disebutkan bahwa IHSG sedang naik, maka itu artinya secara umum harga-harga saham di bursa sedang meningkat. Dengan kata lain IHSG digunakan sebagai indikator pergerakan saham-saham yang ada di Indonesia.

1. KEUNTUNGAN BESAR !
Tahukah kamu ? Return IHSG dari tahun 2006 - 2016 adalah sebesar 348.64%. Ini merupakan return terbesar jika dibandingkan dengan indeks-indeks saham negara lain.
Dan tahukah kamu ? Rata-rata return saham perusahaan yang melantai di Bursa Efek Indonesia sebesar 20%. Perhatikan pada contoh gambar pergerakan saham salah satu emiten yang melantai di bursa saham Indonesia dengan kode perdagangan BTPS semenjak IPO sampai dengan 24 Januari 2020 BTPS mengalami kenaikan sebesar 321.52 %. Luar biasa bukan ?

08 Mei 2018 sampai dengan 24 Januari 2020 saham emiten BTPS naik 321.51%

2. KEMUDAHAN BERTRANSAKSI
Untuk memulai investasi dipasar saham Indonesia sangatlah mudah, kalian tinggal membuka rekening investasi disalah satu Perusahaan Sekuritas dan kalian bisa langsung memulai untuk berinvestasi. Fitur-fitur yang disediakan oleh sekuritas pun saat ini sudah sangat memanjakan kita. Seluruh transaksi perdagangan saham dapat kita lakukan secara online menggunakan Online Trading System yang disediakan oleh sekuritas. Sehingga untuk melakukan pembelian dan penjualan saham anda hanya tinggal meng-klik tombol BUY dan SELL saja. Ya, semudah itu.

3. AMAN
Aman yang dimaksud disini bukan berarti anda terbebas dari kerugian dan anda dijamin akan untung. Aman yang dimaksud adalah seluruh kegiatan di pasar saham Indonesia saat ini ada lembaga yang akan mengawasi baik dari Pihak OJK maupun dari pihak BEI

4. KENDALI PENUH
Berbeda dengan instrumen investasi lain seperti Reksadana dimana anda hanya menitipkan dana yang akan anda investasikan yang nantinya akan dikelola oleh Manajer investasi. Jika anda berinvestasi secara langsung di Pasar saham maka anda akan memiliki kendali penuh atas dana atau modal anda. Keputusan ditangan anda !
5. MENDUKUNG PROGRAM PEMERINTAH, YUK NABUNG SAHAM
Pemerintah Republik Indonesia melaui BEI melakukan kampanye mengenai Yuk nabung Saham pada  November 2015. Tujuan dari penyelenggaraan program Yuk Nabung Saham adalah untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap pasar modal Indonesia dan ketertarikan masyarakat dalam berinvestasi dengan mekanisme Nabung Saham. Selain itu kampanye ini juga dimaksudkan untuk merubah kebiasaan masyarakat Indonesia yang awalnya menabung menjadi berinvestasi, sehingga masyarakat Indonesia mulai bergerak dari saving society menjadi investing.


Itulah 5 alasan utama dari sekian banyak alasan yang dapat membuat kita memulai untuk berinvestasi di Pasar Saham Indonesia. Setelah mengetahui hal ini apakah kamu masih tidak mau memulai investasi di Pasar Modal ? Ayo tulis alasan kalian pada kolom komentar, kenapa belum memulai investasi di pasar saham ?


DISCLAIMER
Postingan ini bukan berupa rekomendasi untuk mengarahkan pembaca membeli atau menjual saham salah satu emiten, emiten yang disebutkan pada postingan ini hanya sebagai contoh kasus dengan tujuan edukasi saja. Analisa kembali sebelum anda mengambil langkah investasi.
T.A.Y.O.R

Kenapa Pilih Investasi Saham ? Reviewed by Djoernalist on 3:42 PM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Djoernal Saham © 2020 - 2025
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.